by

2020, Masyarakat segera bisa cetak KTP, KK, Akta Lahir di mesin ADM

-Berita, Daerah-8,462 kali dibagikan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu kota yang siap meresmikan anjungan dukcapil mandiri ( ADM) yang telah tiba satu bulan lalu.

“Diresmikan nanti setelah Dirjen (Dukcapil) dan Ibu Wali Kota Tangsel terkonfirmasi bisa ketemu waktunya,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan seperti di beritakan Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Menurut Dedi, peresmian tersebut akan dilakukan setelah ADM selesai di-setting oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Jumat (10/1/2020) mendatang.

“Sebetulnya di-setting. Sudah mesin ini sudah ada satu bulan lalu dari Kemendagri. Di sini tinggal cocoki, karena yang punya sistem kan Kemendagri,” kata Dedi.

Nantinya setelah diresmikan, masyarakat dapat mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri.

“Masyarakat bisa mencetak sendiri. Iya (ada blangko dimesin) Tersedia itu baru 3.000 blangko,” kata dia.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian telah meluncurkan anjungan dukcapil mandiri (ADM) di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (25/11/2019) malam.

ADM ini membuat warga bisa mencetak berbagai kartu identitas seperti KTP, Kartu Keluarga, hingga Akte Kelahiran yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri.

“ADM bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lain-lain dalam hitungan menit,” kata Tio seusai peresmian, Senin malam.

Tito menjabarkan, ADM dapat mempermudah layanan publik di Dukcapil yang selama ini terbilang sulit.

Saat meresmikan ADM tersebut, Tito mendemonstrasikan pembuatan KTP dengan alat tersebut.

Ia tampak menginput beberapa data ke anjungan tersebut. Prosesnya cukup singkat, yakni sekitar 1,5 menit.

Kategori Terkait