by

Belum 30 Mei, Gubernur Banten Izinkan Destinasi Wisata Kembali Buka

-Berita, Daerah-5,247 kali dibagikan

Geloratangsel.com, Banten – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengizinkan destinasi wisata di Banten kembali dibuka. Syaratnya, lokasi tempat wisata itu berada di zona hijau dan kuning penyebaran Covid-19.

Selanjutnya juga pengelola wisata melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Sementara untuk destinasi wisata di wilayah zona merah dan zona oranye destinasi tak diberikan izin untuk dibuka.

Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Revisi Instruksi Gubernur Nomor 556/901-DISPAR/2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021.

WH dalam keterangan tertulis yang diterima geloratangsel.com, Minggu (23/5/2021) meminta, kepala daerah se-Provinsi Banten untuk menerbitkan instruksi bupati/walikota mengenai langkah-langkah dalam menyikapi keberadaan destinasi wisata di wilayahnya.

Bupati/Walikota juga diinstruksikan untuk melakukan monitoring terhadap destinasi wisata yang dibuka dalam zona hijau dan kuning untuk umum di masing-masing wilayah. Tentunya dengan melibatkan Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten/kota atau Satgas Covid-19 di tingkat provinsi.

Selanjutnya, bupati/walikota juga diinstruksikan melaporkan pelaksanaan efektivitas pengaturan destinasi wisata yang menerapkan protokol kesehatan. Baik kepada Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten/kota atau Satgas Covid-19 di tingkat provinsi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengeluarkan instruksi untuk menutup sementara destinasi wisata di Banten terhitung 15 hingga 30 Mei mendatang. Hal tersebut dilakukan menyusul terjadinya kerumunan di destinasi wisata pada libur Lebaran 2021.

Kategori Terkait